Kamis, 05 Februari 2015

Sedikit Review Ban CORSA S123



Good Morning, here I back

Untuk artikel terbaru saya ini membahas tentang ban yang saya gunakan di Yamaha Byson saya "Kebo Anabrang".

Monggo....
90/70 R17 di velg depan yang memiliki ukuran 2.50 inch dulu dimahar Rp 200.000-an plus pemasangannya yaitu manual tanpa mesin seperti di beberapa toko spesialis ban tubeless motor, untuk bawaannya velg 2.50 masih bisa menggunakan ban ukuran 80/70 R17 tapi susah banget mencarinya ya akhirnya ke CORSA S123 sajalah dari pada pusing – pusing nyari gak nemu hehehe.
110/70 R17 di velg belakang yang memiliki ukuran 3.50 inch dulu dimahar Rp 300.000-an plus pemasangan menggunakan mesin, untuk kepentingan seni secara pribadi ban CORSA S123 ini menggunakan batikan yang saya suka dan biar serasi dengan yang di depan.

Advantages of using CORSA S123 90/70 R17 & 110/70 R17:

Pertama: Murah karena tidak harus beli ban ukuran bawaan atau yang menggunakan ukuran lebih besar dikarenakan ukuran lebih besar jelas kurang lebih harus di tebus dengan harga Rp 400.000 an jelasnya plus pemasangannya.

Kedua: Motor jadi lebih ringan, ya pastilah keles namanya juga bobot udah dikurangin, kan bannya kecil tapi masih tetap ikutin aturan (bukan ban cacing).

Ketiga: Grip / batikan dari ban lebih banyak yang napak ke aspal, coba anda perhatikan beberapa ban tubeless ukuran yang besar / kebesaran untuk velg motornya pasti yang napak ke aspal hanya bagian tengahnya, jadi menurut saya grip kurang napak jadi harap berhati – hati untuk yang menggunakan ban dengan ukuran terlalu besar karena nantinya untuk pengereman kurang.

Keempat: Tampilan jadi agak rendah khusus untuk para rider motor dengan tinggi 165cm kebawah seperti saya sebagai penulis ini lumayan kaki bisa napak ke tanah tanpa ubahan di shock depan, Cuma merubah di bagian ban dan motor pun juga kelihatan agak ceper namun masih tetap dalam aturan, dan berhati – hatilah dengan jendulan / polisi tidur juga lubang – lubang yang menganga di jalan.

Kelima: Pembersihan di kolong ban motor lebih mudah dari pada sebelumnya karena banya celah yang kosong.

Keenam: Batikan dari ban CORSA S123 ini bagus karena ada garis tengahnya sebagai pemecah air ketika hujan.

Ketujuh: Ban CORSA S123 memiliki banyak sekali varian di ukuran yang bisa menjadi alternative memodif ban motornya dengan harga yang terjangkau namun sudah mendapatkan ban tubeless.

Disadvantages of using CORSA S123 90/70 R17 & 110/70 R17:

Pertama: Ban ini walau gripnya udah banyak yang napak di jalan, tapi kalau kena jalan berlumpur atau berpasir dan berair, licinnya tidak ketolongan jadi saya menegaskan untuk sangat berhati – hati jika anda menggunakan ban ini dan bertemu dengan jalan yang bermedan yang berlumpur dan berpasir juga berair.

Kedua: Karena saya menggunakan velg tapak lebar yaitu depan 2.50 dan belakang 3.50 namun menggunkan ban yang kecil (menurut aturan) maka, grip yang ada juga terbatas, pada akhirnya kalau digunakan untuk hard corner sangat membahayakan ditakutkan akan selip bannya.

Ketiga: Tekanan dalam ban saya pun sudah tidak memakai aturan seperti biasanya, yaitu penambahan tekanan yaitu depan (normal: 3.00 psi ditambah menjadi: 3.50 psi) dan belakang (normal: 3.8 psi ditambah menjadi 4.3 psi) agar ban tersebut tidak gampang bocor dan kemps (dikarenakan ukuran bannya mefet).

Keempat: Motor kalau dibawa dengan kecepatan tinggi diatas 100 km/jam membahayakan di karenakan agak sedikit goyang motornya dan tidak stabil.

Kelima: Materi karet yang digunakan terlihat biasa, ya pasti ajalah keles ban dengan harga segitu mau minta kualitas sebanding ban impor yang dari Eropa, ada uang ada barang coyyy.

Keenam: Dikarenakan bannya terbuat dari materi karet yang biasa banyak yang mengeluhkan bahwan bannya memang gampang melentung ataupun susah di tambal, itu memang betul paling setiap ban CORSA S123 butuh penggantian setiap 2 tahun sekali, karena salah satu dari teman dekat saya mengalam hal serupa.

Ketujuh: Ban CORSA S123 ini kalau memang tidak cocok dengan aturan pemasangan pada velg akan merusak bannya sendiri yang nantinya diantara melentung atau jadi aneh bannya ketika motornya di pakai di jalan.

Jadi, kesimpulan dari saya baik dari sisi advantages (keuntungan) dan sisi disadvantages (kerugian) saya rasa ban CORSA tipe S123 ini sudah “Worth It” dengan apa yang disuguhkan kepada para costumer pecinta ban tubeless, untuk saran saya jika anda menggunakan ban tubeless ada paku yang menempel jangan di cabut, dibiarkan saja sampai tempat bertemunya tambal ban tubeless, dikarenakan ban tubeless memiliki beberapa lapisan yang berbeda dari ban tube type.
Semoga Bermanfaat dan mohon maaf jika ada salah kata dari penulisan saya, dan terima kasih banyak sudah mau membaca artikel saya ini
Well, see you :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar