Assalamualaikum, selamat pagi siang sore malam
Jadi begini ini tulisan terjadi karena pada hari ini teman saya mengajak ke salah satu tempat penjualan ban motor yang terkenal, mungkin para pembaca sudah pada mengetahui sebelumnya, dia berencana mengganti ban motor maticnya yaitu mio j dengan ban tubeless ya begitulah tipe ban yang kena paku tidak langsung bocor - bocor (nada di iklan cat tembok).
Oleh karena itulah maka saya mulai teringat dengan ban si byson kalau saya memanggilnya si kebo bannya dulu sudah pernah ganti dengan ban besar dari ban setandartnya yaitu velg depan : 2.50 dan belakang : 3.50 dibalut dengan ban IRC depan : 100/80-17 dan belakang : 120/70-17 ban yang memang pemakaiannya lumayan gambot untuk motor berkubikasi di 150cc, setelah kurang lebih 3 tahun berjalan kesana - kemari tak terasa ban belakang mulai tumpul dan depan sudah mulai retak karetnya, lalulah saya ke bengkel terdekat yang sudah langganan disitu untuk variasi - variasi motor, kebetulan juga bengkel tersebut berjualan ban motor gede "wah lumayan nih" dalam hati berbicara.
Lalu saya beli ban dengan merk Mizzle M700 (kalau tidak salah) ukuran 120/80-17 dan CORSA S123 ukuran 100/90, setelah dipasang ban menjadi mengotak dan tidak seperti apa yang saya ketahui sebelumnya ternyata depan belakang menjadi mengotak bannya.
Kelebihan dan Kekurangan ban kotak:
Kelebihan:
1. Enak kalau buat kecepatan tinggi ban stabil (ban besar)
2. Kalau suka main di pasir enak banget (karena jarang terjebak di pasir, pengalaman ke bromo melewati padang pasirnya)
3. Motor terlihat gagah
Kekurangan:
1. Harus mengganti spakbor/slebor depan dengan variasi yang lebih besar
2. Tarikan motor sangat terasa berat
3. Rantai gampang kendor
4. Kalau ditikungan mudah sekali selip (untung pakai mizzle yang karakter karet bannya soft compound)
5. Bensin mulai boros
6. Rem belakang atau depan mudah habis
7. Biaya lebih mahal (harga bannya)
Jadi, kesimpulannya jika anda berniat mengganti ban anda sebaiknya pas kan dengan velg anda terelebih dahulu sudah banyak informasi di internet untuk ukuran ban tersebut atau anda langsung ke toko ban - ban yang memiliki spesialis dalam pemasangan ban, setelah itu lihat spesifikasi sepeda motor anda karena menaikkan ban lebih besar akan menambah beban yang cukup berat pada sepeda motor anda, setiap pilihan pasti ada resikonya sekarang bagaimana bijaknya anda dalam meminimalisir resiko tersebut dengan meng-upgrade rantai satu set, mesin, velg, dsb.
Demikian untuk postingan kali ini semoga bermanfaat, semua yang saya tulis berdasarkan dari pengalaman sendiri, dan jika ada salah kata dalam pembahasannya atau menyinggung anda saya mohon maaf.
thanks and see you at Review Ban Motor di Yamaha Byson Part 2 :) have a nice day
Tidak ada komentar:
Posting Komentar